Kamis, 24 Maret 2011

Button: Musim ini Bakal Dipenuhi Aksi Overtaking



Foto: Pembalap McLaren Jenson Button/Getty Images
Foto: Pembalap McLaren Jenson Button/Getty Images
















MELBOURNE - Performa ban Pirelli yang belum maksimal diyakini Jenson Button bakal membuat kompetisi F1 2011 lebih sengit. Pembalap andalan McLaren menilai, para penikmat F1 bakal terkejut dengan banyaknya aksiovertaking dalam setiap seri.

Sejak ditunjuk menjadi supplier tunggal ban untuk tim F1 di musim ini, Pirelli yang masuk menggantikan Bridgestone memang belum menunjukkan hasil maksimal. Ban pasokan pabrikan Italia ini masih memiliki banyak kekurangan, salah satu yang jadi perhatian serius sejumlah pembalap adalah daya tahan. Mereka menilai, ban terlalu mudah terkikis.

Menyikapi kondisi ini, Button justru menyebut kehadiran ban Pirelli akan membuat balapan lebih menarik. Dengan kurangnya daya tahan ban, otomatis setiap tim bakal lebih sering masuk pit untuk mengganti ban. Ini membuat aksi overtaking (salip-menyalip) bakal lebih sering terjadi.

“Saya pikir anda (penonton) bakal melihat banyak aksi overtaking di saat kondisi ban mulai mencapai batas maksimal, dan ini akan mengejutkan setiap orang,” urai Button sebagaimana dilansir
 Autosport, Kamis (24/3/2011).

“Balapan akan berlangsung sengit hingga tikungan terakhir, dan ini merupakan hal yang bagus. Memang, saya tidak tahu apakah semua balapan akan berlangsung seperti itu, tapi saya yakin jalannya balapan bakal ketat karena kami (pembalap) belum mengerti betul karakter ban,” tandasnya.

Selain berkomentar soal jalannya balapan, Button juga meyakini bila peranan ban bakal menjadi faktor utama yang menentukan hasil seorang pembalap. Jika mampu membaca dengan baik kondisi ban, maka pembalap tersebut memiliki peluang bagus untuk memenangi balapan.

“Bagi saya, suatu hal yang penting untuk mengetahui batas maksimal ban. Dua atau tiga lap pertama rasanya tidak terlalu penting, karena yang terpenting, setiap orang tahu adalah bagaimana caranya anda bisa mengambil pit stop, satu lap sebelum pembalap lain,” ujar juara dunia 2009 ini.

“Jika anda bisa melakukan hal itu, anda akan bisa menyalip pembalap lain, karena dengan menggunakan ban baru, anda bisa lebih cepat sekira tiga detik di tiap lapnya. Saya rasa, kami (pembalap) baru bisa menentukan strategi yang tepat setelah menjalani beberapa balapan,” tutupnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar